Suritauladan Pendidik: Sebuah Pendekatan Pendidikan Karakter dalam Proses Belajar

Authors

  • Nadya Nur Karomah IAIN Jember

Keywords:

Mendidik, Suritauladan, Proses Belajar

Abstract

Dalam proses intraksi edukatif, pendidik memiliki peranan dan tanggung jawab yang sangat mendasar. Figur pendidik merupakan pribadi yang sangat matang yang bertugas untuk menggali, mengarahkan dan mengoptimalkan potensi peserta didik agar berkembangnya kemampuan intelektual, emosional serta kemampuan sosial peserta didik secara optimal. Peran pendidik yang begitu besar, akan memberikan dampak pada hasil pendidikan itu sendiri, yang pada gilirannya akan menentukan tercapai atau tidaknya tujuan pendidikan yang telah dicanangkan sebelumnya. Guru merupakan sosok yang memiliki beberapa keunggulan dari profesi lain. Sebagai upaya dari implementasi guru yang notabene digugu dan ditiru (figur) tersebut maka sepatutnyalah guru layak menjadi model untuk menuju pendidikan yang berbasis karakter, budaya dan moral dalam mengantarkan anak-anak bangsa menuju bangsa yang maju dan beradab

References

Agil Husain, Said, Al-Munawar, Aktualisasi Nilai-nilai Qur’ani Dalam Sistem Pendidikan Islam, (Jakarta : Ciputat Press, 2005)

Amirulloh, Buku Pintar Pendidikan Karakter (Jakarta: as@-prima pustaka, 2012)

Fattah Jalal, Abdul, Azas-azas Pendidikan Islam, Terj. Oleh Herry Nur Ali, (Bandung: CV. Diponegoro, 1988)

Hasibuan, Manajemen Sumber Daya Manusia (Jakarta: Bumi Aksara, 2009).

Lickona, Thomas,Educating for Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility. (New York, Toronto, London, Bantam Books.1991)

Manzhur, Ibnu, Lisan Al Arab Juz 9, (Mesir: Dar Al Misriyah, 1992)

Muhammad al-Naqieb al-Attas, Sayyed, The Concept Of Education In Islam: A Frame Work For An Islamic Philosophy Of Education In Islam, Terjm. Oleh Haidar Bagir, (Bandung: Penerbit Mizan, 1996)

Nizar, Samsul, Pengantar Dasar-Dasar Pemikiran Pendidikan Islam,(Jakarta: Gaya Media Pratama, 2001)

____________, Pengantar Dasar-Dasar Pemikiran Pendidikan Islam, (Jakarta: Gaya Media Pratama, 2001)

Qutb, Sayyid, Tafsir Fi Dhilal Al-Qur’an, (Beirut: Dar al-Fikr, Juz I, tt)

Tim Disbintalad, Al-Qur’an Tarjamah Indonesia, (Jakarta: Sari Agung, 2002)

Undang-Undang RI No 14 tahun 2005 Tentang Guru, Dosen, dan No 20 tahun 2003 Tentang SISDIKNAS, (Bandung : CV. Nuansa Aulia, 2006)

Downloads

Published

2022-09-01

How to Cite

Karomah, N. N. . . (2022). Suritauladan Pendidik: Sebuah Pendekatan Pendidikan Karakter dalam Proses Belajar. An-Nisa’: Jurnal Kajian Perempuan Dan Keislaman, 11(2), 61-70. Retrieved from http://annisa.uinkhas.ac.id/index.php/annisa/article/view/100

Issue

Section

Articles