Pendidikan Karakter Anak Usia Dini

Authors

  • Nurhasanah Nurhasanah IAIN Jember
  • Lutfiana Khofia IAIN Jember

Keywords:

Karakter, Anak UsiaDini

Abstract

Pendidikan anak usia dini, adalah pendidikan yang diselenggarakan dengan tujuan untuk memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan anak secara menyeluruh atau menekankan pada pengembangan seluruh aspek kepribadian anak. Hal tersebut dilakukan melalui pemberian ransangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmanidan rohani agar anak memilki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut,yang diselenggarakan pada jalur formal, non formal dan informal. Pendidikan anak usia dini memberi kesempatan untuk mengembangkan kepribadian anak, oleh karena itu pendidikan untuk usia dini khususnya pendidikan anak usia dini perlu menyediakan berbagai kegiatan yang dapat mengembangkan berbagai aspek perkembangan yang meliputi kognitif, bahasa, sosial, emosi, fisik,spiritual dan motorik sesuai dengan keunikandan tahap-tahap perkembangan yang dilalui anak.

References

Abdul Madjid, Pendidikan Karakter Perspektif Islam, (Bandung: Rosdakarya, 2011),

Aqib Zainal,Panduan& Aplikasi Pendidikan Karakter,(Bandung: Yrama Widya,2012)

Badan Penelitian dan Pengembangan Puskur Kemendiknas, Bahan Pelatihan Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa, (Jakarta: Kemendiknas,2010)

Damayanti Deni, Panduan Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah, (Yogyakarta:Araska, 2014)

Depdiknas. Modul Sosialisasi Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini, (Jakarta : Depdiknas, 2004),1.

Direktorat Jendral Pendidikan Islam Departemen Agama RI, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Dirjen Pendidikan Islam Depatemen Agama RI,UUSPN Nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan Nasional, tahun 2006, 6.

Doni Koesoema A., Pendidikan Karakter, (Jakarta: Grasindo, 2007)

Elizabeth B. Hurlock, Child Development, (New York : McGraw-Hill, Inc, 1987), 27.

F.J. Monks, et al, Psikologi Perkembangan Pengantar dalam Berbagai Bagiannya, (Yogyakarta : Gadjah Mada University Press, 2001)

Franz Magnis Suseno, Etika Dasar, (Jakarta: Pusat Filosof, 1987), 4.

Hartono, Pengertian Pendidikan, http://fatamorghana.wordpress.com, diakses pada 20 Mei 2015.

M. Fauzil Adhim, Bangga Menjadi Ibu, Ummi, edisi 8/XII/2001

M. Hariwijaya, PAUD Melejitkan Potensi Anak Dengan Pendidikan Anak Sejak Dini (Yogyakarta : Mahadhika Publishing, 2009)

Maftukhin, Etika Imperatif Kategoris dalam Filsafat Barat, (Yogyakarta: Arruz Media, 2007), 194.

Masnur Muslich, Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional, (Jakarta: Bumi Aksara, 2011)

Megawangi, Ratna. Pendidikan Karakter: Solusi Tepat untuk Membangun Bangsa. (Depok: Indonesia Heritage Foundation 2004).

Muhammad Fadlillah,Pendidikan Karakter Anak Usia Dini, (Jogjakarta:Ar-Ruzz Media, 2013)

Muhammad Fadlillah,Pendidikan Karakter Anak Usia Dini, (Jogjakarta:Ar-Ruzz Media, 2013),25.

Muhammad Fadlillah,Pendidikan Karakter Anak Usia Dini, (Jogjakarta:Ar-Ruzz Media, 2013

Nashir Haedar, Pendidikan Karakter Berbasis Agama & Budaya, (Yogyakarta: Multi Presindo,2013)

Nashir Haedar, Pendidikan Karakter Berbasis Agama & Budaya, (Yogyakarta: Multi Presindo,2013)

Raharjo, Pendidkan Karakter sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, (Jakarta: Balitbang Kementrian Pendidikan Nasional, Vol.16 No.3 Mei 2010)

Said Hamid Hasan, dkk, Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa, Bahan Pelatihan Penguatan Metode Pembelajaran Brdasarkan Nilai-nilai Bangsa, (Jakarta: Puskur Balitbang Kemendiknas, 2010)

Seto Mulyadi dalam Sintong Silaban, et al, Pendidikan Indonesia dalam Pandangan Lima Belas Tokoh Pendidikan Swasta, (Jakarta : Dasamedia, 1993)

Zakiah Daradjat, Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah, (Jakarta : Ruhama, 1995)

Zubaedi, Desain Pendidikan Karakter Konsep dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan,( Jakarta: Kencana, 2011)

Downloads

Published

2022-07-28

How to Cite

Nurhasanah, N., & Khofia, L. . (2022). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. An-Nisa’: Journal of Gender Studies, 11(2), 71-82. Retrieved from http://annisa.uinkhas.ac.id/index.php/annisa/article/view/101

Issue

Section

Articles