Upaya Peningkatan Kecerdasan Sosial Dan Emosional Anak Usia Dini Dalam Pendidikan Islam

Authors

  • Pascalian Hadi Pradana IKIP PGRI Jember
  • Dewi Masyitoh

DOI:

https://doi.org/10.35719/annisa.v11i2.96

Keywords:

Model Pendidikan Islam, Kecerdasan Sosial, Emosional AUD

Abstract

Pada riset penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan pelaksanaan PAI di sekolah taman kanak-kanak dan mengidentifikasi dampak pendidikan Islam terhadap kecerdasan social emosional anak usia dini. Lokasi penelitian adalah PAUD/TK Al-Amin Kabupaten Jember, yang keduanya merupakan sekolah yang berbasis agama Islam dan sekolah favorit di Jember. Metode pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi, studi literatur, studi dokumentasi dengan perwakilan guru-guru PAUD sebagai informan. Sedangkan analisis data mengikuti model interaktif analisis data kualitatif, yakni melalui proses Data Reduction, Data Displays, Conclution Drawing/Verification. Penemuan dalam riset penelitian ini peran pendidikan Islam sangat penting untuk upaya mengembangkan kecerdasan sosial dan emosional anak karena didalamnya terdapat pendidikan moral dan membentuk karakter moral anak yang lebih baik, mengingat anak seusia ini adalah usia keemasan. Pendidikan Islam harus ditanamkan sedini mungkin pada anak usia dini karena sangat baik terhadap pertumbuhan dan perkembangan dalam kepribadian mereka.

References

Ainiyah, Nur. 2013. Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Ulum. Volume. 13, Nomor 1, 25-38.

Claire Joan De & L. John Gottman. 1997. Kiat-Kiat Membesarkan Anak yang Memiliki Kecerdasan Emosional, Alih Bahasa T. Hermaya. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Djaelani, Moh. Solikodin. 2013. Peran Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga dan Masyarakat. Jurnal Ilmiah WIDYA. Vol. 1 No. 2, 100 -1105.

E. Usman Effendi, Juhaya S. Praja. 1985. Pengantar Psikologi. Bandung: Angkasa

Eko Maulana Ali Suroso. 2004. Kepemimpinan Integratif Berbasis ESQ. Bars Media Komunikasi.

Fachrudin. 2011. Peranan Pendidikan Agama dalam Keluarga Terhadap Pembentukan Kepribadian Anak-anak. Jurnal PAI-Ta’lim. Vol. 9 No. 1.

Jalaludin, Nugraha. 2011. Revitalisasi Nilai-nilai Agama Islam dalam Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi. Jurnal Penelitian Agama. Vol.12 No.2.

Lestariningrum, Anik. 2014. Pengaruh Penggunaan Media Terhadap Nilai-nilai Agama dan Moral Anak. Jurnal Pendidikan Usia Dini. Volume 8 Edisi 2, 194 - 212.

Monikasari, Citra. 2013. Pelaksanaan Program Parenting bagi Orang Tua Peserta Didik di PAUD Permata Hati. Jurnal Diklus. Edisi XVII, Nomor 01. Suyadi. 2010. Psikologi Belajar Anak Usia Dini. Yogyakarta : PEDAGOGIA.

Zakiyah, Darajat. 1970. Membina Nilai-nilai Moral di Indonesia. Jakarta: Bulan Bintang.

Downloads

Published

2022-09-01

How to Cite

Pradana, P. H. ., & Masyitoh, D. . (2022). Upaya Peningkatan Kecerdasan Sosial Dan Emosional Anak Usia Dini Dalam Pendidikan Islam. An-Nisa’: Jurnal Kajian Perempuan Dan Keislaman, 11(2), 19-28. https://doi.org/10.35719/annisa.v11i2.96

Issue

Section

Articles