Pendidikan Anak Lereng Pegunungan Argopuro

Authors

  • Ahmad Royani IAIN Jember
  • Mukni'ah Mukni'ah IAIN Jember

Keywords:

Pendidikan anak, Lereng Gunung Argopuro

Abstract

Penelitian ini di fokuskan pertama pada presefektif buruh tani tentang pendidikan anak, kedua difokuskan pada alternatif pendidikan yang dipilih oleh buruh tani untuk pendidikan anak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus pada keluarga buruh tani. Subjek penelitian ini adalah orangtua (bapak dan ibu) dan anak dari keluarga buruh tani. Setting penelitian ini dilakukan di Desa Wonosari Kecamatan Grujugan Bondowoso di ereng gunug Argopuro. Dari hasil penelitian ini dijelaskan bahwa presfektif pendidikan buruh tani tentang pendidikan anak ada beberapa hal yaitu; 1) sebagai penguatan akhlak anak, 2) Pengauatan nilai kemandirian anak, 3) meningkatkan status sosial di masyarakat dan 4) pendidikan juga dipandang sebagai mobilitas sosial. Sedangkan alternatif pendidikan yang ditempuh anak-anak masyarakat petani di Desa Wonosari adalah pendidikan formal dan pendidikan agama. Pondok Pesantren dijadikan sebagai pendidikan alternatif pilihan masyarakat petani di Desa Wonosari ketika orang tua sudah tidak mampu memberikan pendidikan formal yang lebih tinggi kepada anak-anak mereka.

References

Ariefa, Pendidikan Dalam Tantangan Perubahan Sosial. (Yogyakarta; FSP UNY. 2009)

Bachtra Ridwan. Environasionalisme; suatu wujud Pendidikan kondtruktivisme.(Jakarta: Prenadamedia Group, 2015)

Daradjat Zakiah, Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah, (Jakarta: Ruhama, 2005)

Eric R. Wolf, Petani Suatu Tinjauan Antropologis, Jakarta; CV Rajawali, 1983)

Khairuddin, Sosiologi Keluarga. (Yogyakarta: Libertym, 2002)

Manurung. Manajemen Keluarga. (Bandung: Indonesia Publishing House. 1995)

Maunah. Ilmu Pendidikan. (Yogyakarta: Teras. 2009)

Revaldi Aischa. Memilih Sekolah Untuk Anak. (Jakarta: Inti Medina. 2010)

Sajogyo & Sajogyo, Pudjiwati, Sosiologi Pedesaan Kumpulan Bacaan. (Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2007)

Siswoyo, dkk. Ilmu Pendidikan, (Yogyakarta: UNY Press, 2013)

Sudarwati, Ninik, Kebijakan Pengentasan Kemiskinan (Mengurangi Kegagalan Penanggulangan Kemiskinan. (Malang: Intimedia, 2009)

Suparlan, Parsudi,Manusia Kebudayaan dan Lingkungan Persepsi Antropologi Budaya, Manusia dalam Keserasian Lingkungan, Muhammad Soerjani (ed) ( Jakarta, Fakultas Ekonomi UI, 1983)

Tim Depdiknas, Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Pendidikan, (Jakarta; Depertemen Pendidikan Nasional, 2003)

Tim Kemenkumham, Undang Undang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perubahan Atasndang Undang Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak ,(Jakarta; Kemenkumham)

Yin Robert K., Studi Kasus Desain dan Metode. (Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada, 2006)

Downloads

Published

2022-09-01

How to Cite

Royani, A., & Mukni’ah, M. (2022). Pendidikan Anak Lereng Pegunungan Argopuro. An-Nisa’: Jurnal Kajian Perempuan Dan Keislaman, 11(2), 39-50. Retrieved from http://annisa.uinkhas.ac.id/index.php/annisa/article/view/98

Issue

Section

Articles