Mengelola Dan Mendidik Anak Dengan Hati

Authors

  • Sofiul Imam Diknas Kabupaten Banyuwangi
  • Mohammad Lutfi Kementerian Agama Kabupaten Jember

Keywords:

Pendidikan Anak, Islam

Abstract

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) bertujuan membentuk anak Indonesia yang berkualitas, yaitu anak yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya, sehingga memiliki kesiapan yang optimal di dalam memasuki pendidikan dasar serta mengarungi kehidupan di masa dewasa. Selain itu, juga untuk membantu menyiapkan anak mencapai kesiapan belajar (akademik) di sekolah. Hal ini sesuai dengan esensi pendidikan karakter yang sekarang sedang kembali digalakkan di semua level pendidikan mulai dari PAUD sampai perguruan tinggi yaitu mengimplementasikan proses pembentukan perilaku dan kebiasaan yang baik (habituation) dalam menjalani kehidupan yang mencakup pendidikan agama, pendidikan nilai, pendidikan budi pekerti, pendidikan moral, pendidikan watak yang bertujuan mengembangkan kemampuan peserta didik untuk memberikan keputusan baik buruk, memelihara apa yang baik dan mewujudkan kebaikan itu  dalam kehidupan sehari- hari dengan sepenuh hati

References

Abdurrahim, Imaduddin. Kuliah Tauhid. (Bandung: Yayasan Sari Insani. 1989)

Al Bayannuni Ahmad Izzudin. Minhaj Tarbiyah Ash Shalihah Terjemahan Pendidikan Anak Menurut Islam oleh Zaid Hsusen al Hamid. (Jakarta: Pustaka Amani.1987)

Al Sayuti, Jalaluddin Abdul Rahman Bin Abu Bakar. 911 H. Al Jami'us Shagir. Bairut: Darul Fikr.

Atkinson. R.L. Introduction to Psyichologi. (San diego: University of California.1993)

Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahannya. (Semarang: PT Tanjung Mas Inti.1992)

Ilyas, Asnelly. Mendambahan Anak Sholeh Prinsip-Prinsip Pendidikan dalam Islam. (Bandung: Al Bayan,1995)

Shihab, M. Quraish. Tafsir Al-Amanah dalam Majalah Amanah Bagian ke-3 No. 30 dan Bagian ke-4 No. 31. (Jakarta: PT. Sarana Bhakti Semesta. 1987)

Shihab, M. Quraish. Reproduksi Manusia Menurut Al-Qur’an (Pengantar Seminar Perkuliahan) (Yogyakarta: PT. Sarana Bhakti Semesta.1990)

Ulwan, Abdullah Nashih. al-Tarbiyah al-Aulad fi al-Islam. Terjemahan oleh Jamaludin Miri. (Jakarta: Pustaka Amani. 1995)

Zainuddin. Seluk Beluk Pendidikan dari al-Ghazali (Jakarta: Bumi Aksara. 1991)

Zakiyah, Daradjat. Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah. (Jakarta: CV Ruhana,1994)

Downloads

Published

2022-09-01

How to Cite

Imam, S., & Lutfi, M. (2022). Mengelola Dan Mendidik Anak Dengan Hati. An-Nisa’: Jurnal Kajian Perempuan Dan Keislaman, 11(2), 51-60. Retrieved from http://annisa.uinkhas.ac.id/index.php/annisa/article/view/99

Issue

Section

Articles