Pembelajaran Berbasis Karakter Pendidikan Islam
Pendidikan karakter adalah suatu sistem penanaman nilai-nilai karakter kepada warga sekolah yang meliputi komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut. Dalam pendidikan karakter di madrasah, semua komponen (pemangku pendidikan) harus dilibatkan, termasuk komponen-komponen pendidikan itu sendiri, yaitu isi kurikulum, proses pembelajaran dan penilaian, penanganan atau pengelolaan mata pelajaran, pengelolaan madrasah, pelaksanaan aktivitas atau kegiatan ko-kurikuler, pemberdayaan sarana prasarana, pembiayaan, dan ethos kerja seluruh warga madrasah. Lebih lanjut dijelaskan bahwa pendidikan karakter adalah segala sesuatu yang dilakukan guru, yang mampu mempengaruhi karakter peserta didik. Guru membantu membentuk watak peserta didik. Hal ini mencakup keteladanan bagaimana perilaku guru, cara guru berbicara atau menyampaikan materi, bagaimana guru berinteraksi dengan siswa.
References
Asep Ediana Latip, “Pembelajaran Berbasis Karakter di Madrasah Ibtidaiyah”Jurnal Pendidikan Islam Vol.28.No.1,2013, Bandung; Sunan Gunung Djati Bandung
Budimansyah, Dasim, dkk. Model Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi. (Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia, 2010)
Husen, Ahmad, dkk. Model Pendidikan Karakter Bangsa: Sebuah Pendidikan Monolitik di Universitas Negeri Jakarta. (Jakarta: Universitas Negeri Jakarta. 2010)
Khan, Yahya. Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri. (Yogyakarta: Pelangi Publishing, 2010)
Koesoema, Doni, Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. (Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia, 2007)
Lickona, Thomas. Educating for Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility. (New York, Toronto, London, Bantam Books.1991)
Megawangi, R. Pendidikan Karakter. (Bandung: Pustaka Mizan. 2004)
Muhaimin, Arah Baru Pengembangan Pendidikan Islam, Bandung: (Penerbit Nuansa, 2003)
Muslich, Masnur, KTSP: Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. (Jakarta: Bumi Aksara. 2007)
Nafi’, Dian, dkk. Praksis Pembelajaran Pesantren, (Yogyakarta: ITD Forum Pesantren, 2007)
Sekeretariat Negara, UU Nomor 20/2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (Jakarta: Depdiknas,2003)
Royani Ahamd, Desain Pembelajaran Berbasis Budaya Nilai (Jember: STAIN Jember Press, 2014)
Tim Pendidikan Karakter Kemendiknas, Pendidikan Karakter di sekolah menengah Pertama. (Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional Dirjen Manajemen Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan SMP.2010)
Tim Pendidikan Karakter Kemendiknas, Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya Untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa. (Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional Balitbang Puskur. 2010)
Zuchdi, Darmiyati. dkk. Pendidikan Karakter dengan Pendekatan Komprehensif. (Yogyakarta: UNY Press.2010)
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.