Upaya Peningkatan Kecerdasan Sosial Dan Emosional Anak Usia Dini Dalam Pendidikan Islam

Authors

  • Pascalian Hadi Pradana IKIP PGRI Jember
  • Dewi Masyitoh

DOI:

https://doi.org/10.35719/annisa.v11i2.96
Model Pendidikan Islam, Kecerdasan Sosial, Emosional AUD

Pada riset penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan pelaksanaan PAI di sekolah taman kanak-kanak dan mengidentifikasi dampak pendidikan Islam terhadap kecerdasan social emosional anak usia dini. Lokasi penelitian adalah PAUD/TK Al-Amin Kabupaten Jember, yang keduanya merupakan sekolah yang berbasis agama Islam dan sekolah favorit di Jember. Metode pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi, studi literatur, studi dokumentasi dengan perwakilan guru-guru PAUD sebagai informan. Sedangkan analisis data mengikuti model interaktif analisis data kualitatif, yakni melalui proses Data Reduction, Data Displays, Conclution Drawing/Verification. Penemuan dalam riset penelitian ini peran pendidikan Islam sangat penting untuk upaya mengembangkan kecerdasan sosial dan emosional anak karena didalamnya terdapat pendidikan moral dan membentuk karakter moral anak yang lebih baik, mengingat anak seusia ini adalah usia keemasan. Pendidikan Islam harus ditanamkan sedini mungkin pada anak usia dini karena sangat baik terhadap pertumbuhan dan perkembangan dalam kepribadian mereka.

Downloads

2022-09-01

Published

2022-09-01

How to Cite

Upaya Peningkatan Kecerdasan Sosial Dan Emosional Anak Usia Dini Dalam Pendidikan Islam. (2022). An-Nisa Journal of Gender Studies, 11(2), 19-28. https://doi.org/10.35719/annisa.v11i2.96

Similar Articles

11-20 of 84

You may also start an advanced similarity search for this article.