MANAJEMEN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL PADA ANAK USIA DINI DI SEKOLAH DASAR KATOLIK SUKORENO UMBULSARI JEMBER
DOI:
https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.28Keywords:
Manajemen, Pendidikan Multikultural, Pendidikan Karakter.Abstract
This research is motivated by various forms of violence in schools that arise due to the diversity of students in various ways. Thus, multicultural values education is needed in shaping religious character that involves the management process in schools. This research method uses qualitative research methods with the type of field research. Data collection uses observations, interviews and documentaries. the results of this research that management of multicultural education in Catholic Primary Schools (SDK) carried out by maximizing management functions by planning, implementing and supervising the process and results of multicural education itself.
Penelitian ini dilatar belakangi dari munculnya berbagai bentuk kekerasan yang cukup beragam di sekolah yang timbul karena adanya keberagaman yang terjadi antar siswa dalam berbagai hal, sehingga sangat diperlukan adanya pendidikan nilai-nilai multikultural dalam pembentukan karakter religius yang melibatkan serangkaian proses manajemen di sekolah. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field reaserch). pengumpulan datanya menggunakan pengamatan (observasi), wawancara dan dokumenter. Kesimpulan dari penelitian ini adalah manajeman pendidikan multikultural di Sekolah Dasar Katolik (SDK) dilakukan dengan memaksimalkan fungsi-fungsi manajeman yaitu dengan merencanakan, melaksanakan dan mengawasi proses maupun hasil dari pendidikan multikural itu sendiri.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 LP2M Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.